A.
Latar Belakang
Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk
mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari
oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan
untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri
atas empat mata pelajaran, yaitu:
Al-Qur’an-Hadis, Akidah-akhlak, Fikih, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam.
Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi
dan melengkapi. aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil
ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban
Islam.
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata
pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan
kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam
di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat
Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah,
Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi
dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati
Sejarah Kebudayaan Islam, yang
mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih
kecerdasan, membentuk sikap, watak dan
kepribadian peserta didik.
BAB II
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
KELAS VII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami sejarah kebudayaan Islam
|
1.1. Menjelaskan pengertian
kebudayaan Islam
1.2. Menjelaskan tujuan dan
manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
2.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
|
2.1. Mendeskripsikan misi
Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2. Mengambil
ibrah dari misiNabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3.
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan parasahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
2.4. Sahabat dalam menghadapi
masyarakat Makkah
|
3.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
|
3.1. Mendeskripsikan sejarah
Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan
3.2.
Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad
SAW dalam
3.3. membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.4. Meneladani semangat
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
KELAS VII SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4.
Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa
Khulafaurrasyidin
|
4.1. Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh
Khulafaurrasyidin
4.2.
Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi
yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
4.3. Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
5.
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
|
5.1 Menceritakan sejarah
berdirinya daulah Amawiyah
5.2 Mendeskripsikanperkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.3 Mengidentifikasitokoh
ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Bani Umaiyah
5.4 Mengambil
ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
untuk masa kini dan yang akan datang
5.5 Meneladanikesederhanaan
dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
|
KELAS VIII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
1.1
Menceritakan sejarah berdirinya daulah Abbasiyah
1.2
Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
1.3
Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4
Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5
MeneladaniKetekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Madrasah :
Mata Pelajaran : SKI
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah
kebudayaan Islam
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
|
Sejarah kebudayaan Islam
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam
menurut bahasa dan Istilah
|
·
Menyebutkan pengertian
kebudayaan Islam
·
Menunjukan contoh
kebudayaan Islam
|
Tes lisan
|
4 X 40’
|
1. Buku SKI Depag
2. SKI Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
1.2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah
kebudayaan Islam
|
Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Tanya jawab tentang
tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
|
·
Menyebutkan tujuan
mempelajari sejarah kebudayaan Islam
·
Menjelaskan manfaat
mempelajari sejarah kebudayaan Islam
|
Tes lisan
Tes lisan
|
|
|
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
Bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Mengidentifikasibentuk/wujud kebudayaan Islam
·
Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan
Islam dan non Islam
|
·
Menyebutkan contoh
bentuk/wujud kebudayaan Islam
·
Membandingkan
bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam
|
Tes tulis
Penugasan
|
2 X 40’
|
Standar Kompetensi : 2.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budayadan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
2.1.Mendeskripsikan misi Nabi Muham-mad SAW sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat
|
Sejarah Nabi Muhammad
SAW periode Mekkah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
· Membuat peta konsep tentang misi NabiSAW sbg rahmatan lil ‘alamin
· Learning start with question tentangcara dakwah Nabi SAW di Mekkah
· Tanya jawab tentang
keberhasilan dakwah
Nabi SAW di Mekkah
|
·
Menjelaskan misi Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
·
Mengidentifikasicara dakwah Nabi Muhammad SAW di
Mekkah
·
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad SAW di Mekkah
|
Penugasan
Tes lisan
Tes lisan
|
4 X 40’
|
1.
Buku
SKI Depag
2.
SKI Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi
masyarakat Mekkah
|
Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam
menghadapi masyarakat Mekkah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Menyusun
cerita singkat dari perjuangan Nabi
dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menyusun
cerita singkat dari perjuangan Nabi
dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Berdiskusi
tentang keterkaitan perjuangan Nabi
dengan para sahabatnya
|
·
Menjelaskan
keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menjelaskan keladanan
dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menjelaskan keterkaitan
perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
|
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
4 X 40’
|
|
2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi
masyarakat Mekkah
|
Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam
menghadapi masyarakat Mekkah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Menyusun
cerita singkat dari perjuangan Nabi
dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menyusun
cerita singkat dari perjuangan Nabi
dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Berdiskusi
tentang keterkaitan perjuangan Nabi
dengan para sahabatnya
|
·
Menjelaskan
keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menjelaskan keladanan
dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menjelaskan keterkaitan
perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
|
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
4 X 40’
|
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami sejarah Nabi
Muhammad SAW periode Madinah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1. Mendeskripsik-an sejarah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Mencermati cerita
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·
Membuat peta konsep
tentang dakwah Nabi Muhammad
SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·
Berdiskusi tentang
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
|
·
Menceritakan sejarah
Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·
Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun perekonomian masyarakat Madinah
·
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
|
Teslisan
Penugasan
Penugasan
|
4 X 40’
|
1. Buku SKI Depag
2. SKI Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
3.2. Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan
perkembangan kondisi sekarang
|
Hikmah dari misi Nabi
Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Berdiskusi tentang
hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·
Mencari keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
dengan perkembangan dakwah sekarang di majalah, koran, tv, internet, dll.
|
·
Menjelaskan hikmah dari
misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·
Menjelaskan
keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad
saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang
|
Penugasan
Tes tulis
|
4 X 40’
|
1. Buku SKI Depag
2. SKI Armico
3. SejarahHidup Muhammad SAW
4. Ensiklopedi Islam
5. LKS An Najah
|
3.3.Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di
Madinah
|
Kisah teladan dari
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Mengidentifikasi
keteladanan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
·
Menjelaskansemangat
perjuangan Nabi di Madinah
·
Menjelaskansemangat
perjuangan para Sahabat di Madinah
·
Menunjukkansemangat
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
4 X 40’
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran :
SKI
Kelas/Semester :
VII/ II
Standar Kompetensi : 4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa
Khulafaurrasyidin
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
4.1.Menceritakan
berbagaiprestasi yang dicapai
oleh Khulafaurrasyidin
|
Prestasi Khulafaurrasyidin
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Mencermati ceritapresta-si Khulafaurrasyidin
·
Membuat peta konsep
tentang prestasi Khulafaurrasyidin
·
Berdiskusi
tentang pres-asi Khulafaurrasyidin yang menonjol
|
·
Menjelaskan berbagaiprestasi yang dicapai
Khulafaurrasyidin
·
Mengklasifikasi
prestasi Khulafaurrasyidin
· Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang
menonjol
|
Testulis
Penugasan
Penugasan
|
4 X 40’
|
1 Buku SKI Depag
2 SKI Armico
3 SejarahHidup Muhammad SAW
4 Ensiklopedi Islam
5 LKS An Najah
|
4.2.Mengambil hikmah
dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi
sekarang
|
Hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan
dengan perkembangan kondisi sekarang
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Tanya jawab tentang hikmah yang dapat diambil dari prestasi
Khulafaurrasyidin
·
Berdiskusi tentang
keterkaitan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
|
·
Menjelaskan hikmah yang
dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin
·
Mengkaitkan prestasi
Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
|
Tes lisan
Penugasan
|
4 X 40’
|
|
4.3.Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
Kisah
kepemimpinan
Khulafaurrasyidin
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Menyaksikan VCD Khalifah
Umar bin Khattab
·
Membuat peta konsep gayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·
Berdiskusi tentang gayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
·
Menjelaskangayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·
MengidentifikaIgayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·
Mengklasifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
Tes lisan
Penugasan
Penugasan
|
4 X 40’
|
|
Standar Kompetensi : 5.
Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penugasan
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
|
Sejarah berdirinya
daulah Amawiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membuat pertanyaan
seputar 5 W (who, when, where, what, why dan 1H (how) tentang sejarah berdirinya daulah Amawiyah
|
·
Menjelaskan proses berdirinya
daulah Amawiyah
|
Penugasan
|
4 X 40’
|
1.
Buku
SKI Depag
2.
SKI
Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
5.2.Mendeskripsikanperkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
|
Perkembangan masyarakat
Islam pada masa Bani Umaiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membuat peta konsep
tentang prestasi pada masa Bani
Umaiyah
·
Berdiskusi
tentangberbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah
|
·
Menjelaskanberbagai
prestasi pada masa Bani Umaiyah
·
Mengidentifikasiberbagai
prestasi pada masa Bani Umaiyah
|
Penugasan
Penugasan
|
|
|
5.3. Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
|
Ilmuwan muslim dan
perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Studi tokoh ilmuwan
muslim pada masa Bani Umaiyah
·
Tanya jawab peran tokoh
ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Umaiyah
|
·
Menyebutkantokoh ilmuwan
muslim pada masa Bani Umaiyah
·
Menjelaskan peran tokoh
ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
|
Penugasan
Tes tulis
|
|
|
5.4. Mengambil ibrah dari perkemba-ngan
kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
|
Ibrah yang dapat diambil dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Learning start with
question tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada
masa Bani Umaiyah
·
Berdiskusi tentang
keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang
|
·
Menjelaskan ibrah dari
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
·
Menunjukkan keterkaitan
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan
perkembangan masa kini dan yang akan datang
|
Tes lisan
Penugasan
|
|
1.
Buku
SKI Depag
2.
SKI
Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
5.5.Meneladanikesederhanaan
dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
|
Kisah kesederhanaan dan
keshalehan Umar bin Abdul Aziz
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
1-2)Membuat skenario
drama tentang kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
·
Mendemontrsikan
kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
|
·
Menjelaskan
kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah
·
Menjelaskan keshalehan
Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah
·
Mengklasifikasi bentuk
kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
|
Tes unjukkerja
Tes unjukkerja
Tes unjuk kerja
|
4 X 40’
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : VIII/ I
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan
masyarakat Islam pada masa Bani
Abbasiyah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan /Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1.
Menceritakan
sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
|
·
Sejarah berdirinya
Bani Abbasiyah
·
Proses
terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
·
Tokoh tokoh
yang berperan dalam sejarah berdirinya
Bani Abbasiyah
·
Faktor
pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membaca/menceritakan materi sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
·
Membaca
proses terbentuknya sejarah Dinasti
Al Ayyubiyah
·
Membuat peta
konsep mengidentifikasi tokoh tokoh
yang berperan dalam sejarah berdirinya
Bani Abbasiyah
·
Tanya jawab
tentang faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
|
·
Menjelaskansejarah
berdirinya Bani Abbasiyah
·
Menyebutkan
proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
·
Menampilkan tokoh tokoh yang berperan dalam
sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Bani
Abbasiyah
|
TesTulis
TesTulis
Penugasan
Tes lisan
|
4 X 40’
|
1.
Buku
SKI Depag
2.
SKI
Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
1.2.
Mendeskrip
sikan perkembangan kebudayaan
/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyah
|
· Perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah
· Sebab
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
· Lahirnya tokoh dari
perkem-bangan kebuda-yaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membaca/meceritakan
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
·
Mengidentifkasi
sebab perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Bani Abbasiyah
·
Learning start with question
tentanglahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
·
Menjelaskan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah
·
Menunjukkan
sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
· Mengidentifikasi munculnya tokoh dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada Bani
Abbasiyah
|
TesTulis
TesTulis
Tes lisan
|
4 X 40’
|
1.
Buku
SKI Depag
2.
SKI
Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
1.3.
Mendeskrip
sikan perkembangan kebudayaan
/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyah
|
· Perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah
· Sebab
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
· Lahirnya tokoh dari
perkem-bangan kebuda-yaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membaca/meceritakan
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
·
Mengidentifkasi
sebab perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Bani Abbasiyah
·
Learning
start with question tentanglahirnya tokoh dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyah
|
·
Menjelaskan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah
·
Menunjukkan
sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi munculnya tokoh dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada Bani
Abbasiyah
|
TesTulis
TesTulis
Tes lisan
|
4 X 40’
|
|
1.4.
Mengambil
ibrah dari perkembangan kebudayaan
/peradaban Islam pada masa Bani
Abbasiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
|
· Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa
kini
· Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa yang akan datang
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Membuat peta
konsep tentang nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
·
Studi
komperatif (membandingkan) tentang nilai positif dan negatif perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
|
·
Mengaitkan
ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini
·
Menunjukkan ibrah nilai nilai positif dan negatif dari
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Bani Abbasiyah untuk masa yang akan datang
|
Penugasan
Tes lisan
|
4 X 40’
|
1.
Buku
SKI Depag
2.
SKI
Armico
3.
SejarahHidup
Muhammad SAW
4.
Ensiklopedi Islam
5.
LKS An Najah
|
1.5.
Meneladani
ketekunan dan kegigihan perkembangan kebudayaan /peradaban Islam Bani Abbasiyah
|
· Meneladani ketekunan nilai nilai
positif perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
· Mengubah prilaku nilai nilai negatif ke positif perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
· Kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam Bani Abbasiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan
hasil
|
·
Berdiskusi
tentang nilai nilai yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·
Membuat
resum dari kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
sekarang
·
Memerankan
nilai nilai yang bisa diteladani dari
ketekunan dan kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
Bani Abbasiyah dalam kehidupan sehari hari
|
·
Mengelompokkan
nilai nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·
Mengubah
prilaku nilai-nilai negatif ke
nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkem-bangan
kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·
Mendemonstrasikan
kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
|
TesTulis
Penugasan
Tes unjuk
kerja
|
2 X 40’
|
BAB III
URAIAN MATERI
Indikator
|
Uraian Materi
|
Kelas VII semester I
|
|
·
Menyebutkan pengertian
kebudayaan Islam
·
Menunjukan contoh
kebudayaan Islam
|
![]() ![]() ![]() |
·
Menyebutkan tujuan
mempelajari sejarah kebudayaan Islam
·
Menjelaskan manfaat
mempelajari sejarah kebudayaan Islam
|
![]() ![]() ![]() |
·
Menyebutkan contoh
bentuk/wujud kebudayaan Islam
·
Membandingkan
bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam
|
![]()
- sistem kemasyarakatan;
- ilmu pengetahuan
![]() |
·
Menjelaskan misi Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
·
Mengidentifikasicara dakwah Nabi Muhammad SAW di
Mekkah
·
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad SAW di Mekkah
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
·
Menjelaskan hikmah dari
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
·
Menyebutkan hikmah yang
dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah
·
Menjelaskan
keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad
saw dengan perkembangan dakwah sekarang
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
·
Menjelaskan
keteladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menjelaskan keteladanan
dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·
Menjelaskan keterkaitan
perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
|
![]() |
·
Menceritakan sejarah
Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·
Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun perekonomian masyarakat Madinah
·
Mengidentifikasi
keberhasilan dakwah Nabi
Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
·
Menjelaskan hikmah dari
misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·
Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
dengan perkembangan dakwah sekarang
|
1. Beliau bisa mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansor
2. Beliau membangun Fasilitas Umum
3. Beliau menyusun piagam madinah
![]() |
·
Menjelaskansemangat
perjuangan Nabi di Madinah
·
Menjelaskansemangat
perjuangan para Sahabat di Madinah
·
Menunjukkansemangat
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
![]() ![]() |
Kelas VII semester II
|
|
![]() ![]() ![]() |
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
·
Menjelaskan hikmah yang
dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin
·
Mengkaitkan prestasi
Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
|
![]() ![]() |
·
Menjelaskangayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·
Mengidentifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·
Mengklasifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
·
Menjelaskan proses
berdirinya daulah Amawiyah
|
![]() |
·
Menjelaskanberbagai
prestasi pada masa Bani Umaiyah
·
Mengidentifikasiberbagai
prestasi pada masa Bani Umaiyah
|
![]() ![]() |
·
Menyebutkantokoh ilmuwan
muslim pada masa Bani Umaiyah
·
Menjelaskan peran tokoh
ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
|
![]() ![]() |
·
Menjelaskan ibrah dari
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
·
Menunjukkan keterkaitan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa
kini dan yang akan datang
|
![]() ![]() |
·
Menjelaskan
kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah
·
Menjelaskan keshalehan
Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah
·
Mengklasifikasi bentuk
kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Kelas VIII semester I
|
|
·
Menjelaskansejarah
berdirinya Bani Abbasiyah
·
Menyebutkan
proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
·
Menampilkan tokoh tokoh yang berperan dalam
sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Bani
Abbasiyah
|
![]()
a.
Figur
Kholifah yang lemah
b.
Hak
istimewa bangsa Arab
c.
Pemerintahan
yg tidak demokratis dan korup
d.
Persaingan
antar suku
![]()
a.
Kelompok
Muslim non Arab (Mawali)
b.
Kelompok
Khowarij dan Syi’ah menganggap Dinasti Umayyah sebagai perampas khilafah.
c.
Kelompok
Muslim Arab di Makkah, Madinah dan Irak yang merasa sakit hati atas status
istimewa penduduk Suriah.
d.
Kelompok
muslim yang sholeh, baik Arab maupun non Arab.
Kelompok-kelompok tersebut membentuk kekuatan gabungan yang
dikordinasi oleh keturunan Abbas dengan mencari dukungan masyarakat luas.
![]() ![]()
a.
Runtuhnya
Dinasti Bani Umayyah
b.
Keinginan
mengembalikan kekholifahan kepada golongan Bani Hasyim dari keturuan
Abbas/Ali bin Abi Tholib.
c.
Kelompok
yang tidak puas pada Dinasti Umayyah.
|
·
Menjelaskan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah
·
Menunjukkan
sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
·
Mengidentifikasi munculnya tokoh dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada Bani
Abbasiyah
|
![]() ![]() ![]() |
·
Mengklasifikasi
Tokoh ilmuwan muslim masa Bani
Abbasiyah
·
Menunjukkan
peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
·
Mengklasifikasi
kemajuan ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
|
![]()
Al-Kindi (masa pemerintahan Harun ar-Rasyid), Al-Farabi, Ibnu
Sina, Ibnu Maskawaih, Al-Ghozali, Jabir bin Hayyan.
![]()
a.
Ilmu
Filsafat tokohnya Abu Huzail al-Allaf.
b.
Ilmu
Kedokteran tokohnya Ali bin Rabbani at-Tabari
c.
Ilmu
Astronomi adalah ilmu yang mempelajarai benda-benda langit karna berkaitan
dengan pelaksanaan beberapa ketentuan agama Islam seperti penentuan arah
kiblat dan awal bulan, tokohnya Muhammad bin Musa al-Khawarizmi.
d.
Ibnu
Sina (bidang kedokteran)
e.
Ibnu
Rusyd (Filsafat Kedokteran dan Theologi)
f.
Abu
Ali Al Hasan Ibnu Hayyan (Al Hazen) ahli bidang matematika farmalogi, fisika
dan filsafat
g.
Al
Farghoni (astronomi)
h.
Abu
Hasan Ali Al Mas’ud (bidang sejarah, geografi, geologi, zoologi)
i.
Ibnu
Al Gaitar (ahli Botani (tumbuhan) dan farmasi)
![]()
a.
Ilmu
Pengetahuan Agama
b.
Disamping
dalam bidang pengetahuan masa Dinasti Abbasiyah, ilmu agama Islam mengalami
perkembangan, ulama-ulama besarpun muncul. Periode ini menjadi landasan
pokokbagi perkembangan ilmu agama Islam periode berikutnya.
c.
Perkembangan
ilmu Hadits terjadi pada periode ke5& ke6.Beberapa permasalahan, antara
lain pemisahan hadits Nabi dengan fatwa shahabat serta pemalsuan hadits. Pada
masa itu menghimpun dan membukukan hadits-hadits Nabi kedalam buku. Maka
lahir buku-buku hadits dalam corak yang baru yaitu : kitab shohih, sunan dan
musnad. Pemisahan hadits-hadits sahih dari hadits tidak sahih dirintis oleh
Ishaqbin Rahawaih dilanjutkan Imam al-Bukhori dan muridnya, kemudian Abu
Dawud, at-Tirmizi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah. Perkembangan hadits periode
keenam periode ini disebut ulama hadits mutaakhirin. Ulama ini sifatnya hanya
memelihara hadits.
d.
Ilmu
tafsir dimulai munculnya musafir dari golongan tabi’in-tabi’in yang masyhur,
antara lain : Imam Sufyan bin Uyainah, Waki’ al-Jarrah, Syu’bah al-Hajjaj dan
Zaid bin Harun
e.
Ilmu
Fiqih pada periode ke-empat dengan munculnya empat madzhab yaitu : Imam
Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Hambali. Periode ke-lima para
fuqoha’ memfokuskan pengkajian pendapat yang ada dalam tiap madzhab.
f.
Ilmu
Tasawuf ditandai peralihan dari tasawuf ke zuhud. Dalam perkembangan muncul
dua aliran yaitu tasawuf akhlaq dan tasawuf filsafat.
|
·
Mengaitkan
ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini
·
Menunjukkan ibrah nilai nilai positif dan negatif dari
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Bani Abbasiyah untuk masa yang akan datang
|
![]()
-
Perkembangan
ilmu filsafat dipelopori oleh Abu Huzail al-Allaf.
-
Ilmu
Kedokteran dipelopori oleh : Ali bin Rabban at-Tabari kemudian muncul
ar-Razi, Ali bin al-Abbas, Ibnu Sina, Jabir bin Hayyan, al-Kindi dan
al-Farabi.
-
Ilmu
Astronomi dipelopori oleh : Muhammad bin Musa al=Khawarizmi.
b. Perkembangan pengetahuan Agama
-
Perkembangan
ilmu hadits, tokoh : Ishaq bin Rawaih, kemudian muncul ulama-ulama hadits;
Imam Bukhori, Imam Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu
Majjah. Selain Imam Bukhori dan Imam Muslim menyusun kitab Sunan ke-enam itu
dengan sebutan Kutubus Sittah
-
Ilmu
Tafsir tokoh: Abu Ja’far Muhammad bin Jarir at-Tabari (Tafsir Tabari),
Fakhuddin ar-Razi (mafatih al-Ghoib), Az-Zamakhsyari (al-Kasyaf’na haqa’iq
at-Tanzil wa ‘uyunal aqawil)
-
Ilmu
Fiqih ditandai dg munculnya empat madzhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali)
c.
Perkembangan
Ilmu Tasawuf ditandai dg peralihan dari tasawuf dan zuhud. Selanjutnya muncul
dua aliran yaitu tasawuf akhlaq (dasarnya Al-Qur’an dan Hadits), model ini
disebut tasawuf Sunni tokohnya : al-Haris bin As’ad al-Muhasabi. Tasawuf
filsafat (tasawuf yang sudah tercampur metafisika), tokohnya : Zunnun
al-Misri dan Abu Yazd al-Bistami.
![]()
-
Harus
menjadi contoh bagi umat Islam guna dijadikan cermin untuk meraih kemajuan
Islam pada masa yang akan datang.
-
Memberi
motivasi kepada kaum muslimin bahwa pada masa lampau umat Islam pernah
merebut keunggulan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, yang sekarang
harus direbut kembali.
-
Menyadarkan
umat Islam dari ketertinggalan dan mencari penyebab hilangnya kemajuan ilmu
pengetahuan.
-
Menggugah
kepada generasi muda Islam untuk terus belajar tanpa mengenal lelah agar bisa
diunggulkan.
-
Konsep
kesadaran diri dari Al-Qur’an yang terdiri enam komponen tazkiyah : Dzikir,
Ibadah, Taubah, Sabar, Muhasabah dan do’a.
-
Menyaring
pengaruh peradaban Yunani, Roma, Persi, India dan Cina dengan memadukan
nilai-nilai Islam.
-
Mengembangkan konsep kesadaran, baik
sebagai individu, masyarakat umat maupun manusia secara universal.
|
·
Mengelompokkan
nilai nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam Bani Abbasiyah
·
Mengubah
prilaku nilai-nilai negatif ke
nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·
Mendemonstrasikan
kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
BAB IV
ANALISA KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
|
Analisa Kompetensi
|
Kelas VII semester Gasal
|
|
1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah
kebudayaan Islam
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
Kognitif
Kognitif
Kognitif
|
2.1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2. Mengambil ibrah dari misiNabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3. MeneladaniperjuanganNabi Muhammad danparasahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
Kognitif
Afektif
Afektif
|
3.1. Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad
SAW dalam
3.3. membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.4. Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di
Madinah
|
Kognitif
Afektif
Afektif
Afektif
|
Kelas VII semester Genap
|
|
4.1. Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
4.2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi
yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk
masa kini dan yang akan datang
4.3. Meneladanigayakepemimpinan
Khulafaurrasyidin
|
Kognitif
Afektif
Afektif
|
1.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
1.2. Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Umaiyah
1.3. Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
1.4. Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang
akan datang
1.5. Meneladanikesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul
Aziz
|
Kognitif
Kognitif
Kognitif
Afektif
Afektif
|
Kelas VIII semester Gasal
|
|
1.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Abbasiyah
1.2. Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
1.3. Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5. MeneladaniKetekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah
|
Kognitif
Kognitif
Kognitif
Afektif
Afektif
|
BAB V
PENUTUP
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan standar proses dan standar penilaian.
Demikian
hasil tela’ah kelompok kami pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas
VII dan VIII semester gasal, semoga dapat bermanfaat. Dan tentunya masih banyak
kekurangan adanya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami butuh
kan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar