Jumat, 30 November 2012

tugas telaah materi ski kelas vii dan viii semester gasal



A.    Latar Belakang

Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran,  yaitu: Al-Qur’an-Hadis, Akidah-akhlak, Fikih, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.  Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik.
























BAB II
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
KELAS VII SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.   Memahami sejarah kebudayaan Islam
1.1.   Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2.   Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
2.   Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

2.1.    Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2.    Mengambil ibrah dari misiNabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3.    Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan parasahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
2.4.    Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
3.   Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

3.1.    Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2.    Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam 
3.3.    membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.4.    Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
                                             KELAS VII SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
4.      Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin

4.1.  Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
4.2.  Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
4.3.  Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
5.      Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah

5.1    Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
5.2    Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.3    Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.4    Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
5.5    Meneladanikesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

KELAS VIII SEMESTER 1

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
   1.            Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.1         Menceritakan sejarah berdirinya daulah Abbasiyah
1.2         Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3         Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4         Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5         MeneladaniKetekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah













SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Madrasah         :
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas / Semester          : VII / I

Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
1.1.  Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam


Sejarah kebudayaan Islam



·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Membaca pengertian sejarah kebudayaan Islam menurut bahasa dan Istilah
·         Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
·         Menunjukan contoh kebudayaan Islam
Tes lisan

4 X 40’

1. Buku SKI Depag
2. SKI Armico
3. SejarahHidup Muhammad SAW
4. Ensiklopedi Islam
5. LKS An Najah
1.2.  Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Tanya jawab tentang tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
·         Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
·         Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
Tes lisan


Tes lisan

1.3.  Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam



Bentuk/wujud kebudayaan Islam
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Mengidentifikasibentuk/wujud kebudayaan Islam
·      Berdiskusi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam
·         Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam
·         Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam
Tes tulis





Penugasan
2 X 40’


Standar Kompetensi    : 2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budayadan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
2.1.Mendeskripsikan misi Nabi Muham-mad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·   Percaya diri
·   Berorientasi tugas dan hasil
·  Membuat peta konsep tentang misi NabiSAW sbg rahmatan lil ‘alamin
·  Learning start with question  tentangcara dakwah Nabi SAW di Mekkah
·  Tanya jawab tentang  keberhasilan dakwah Nabi SAW di Mekkah
·         Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
·         Mengidentifikasicara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
·         Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah
Penugasan



Tes lisan




Tes lisan
4 X 40’
1.        Buku SKI Depag
2.        SKI Armico
3.        SejarahHidup Muhammad SAW
4.        Ensiklopedi Islam
5.        LKS An Najah
2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah

 Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
· Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
· Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
· Berdiskusi tentang  keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
·          Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·          Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·          Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya

Penugasan



Penugasan




Penugasan

4 X 40’
2.3.Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah

 Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·         Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·         Menyusun cerita singkat  dari perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·         Berdiskusi tentang  keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
·         Menjelaskan keladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·         Menjelaskan keladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·         Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya

Penugasan






Penugasan






Penugasan

4 X 40’
















Standar Kompetensi     : 3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
3.1. Mendeskripsik-an sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Mencermati cerita sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·      Membuat peta konsep tentang dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·      Berdiskusi tentang keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·       Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·       Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·       Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
Teslisan




Penugasan





Penugasan
4 X 40’
1.  Buku SKI Depag
2. SKI Armico
3. SejarahHidup Muhammad SAW
4. Ensiklopedi Islam
5. LKS An Najah
3.2. Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·       Berdiskusi tentang hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·       Mencari keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang di majalah, koran, tv, internet, dll.
·       Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah


·       Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang
Penugasan






Tes tulis
4 X 40’
1.    Buku SKI Depag
2.    SKI Armico
3.    SejarahHidup Muhammad SAW
4.    Ensiklopedi Islam
5.    LKS An Najah
3.3.Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
Kisah teladan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·       Mengidentifikasi keteladanan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah



·       Menjelaskansemangat perjuangan Nabi di Madinah
·       Menjelaskansemangat perjuangan para Sahabat di Madinah
·       Menunjukkansemangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
Tes tulis



Tes tulis




Penugasan
4 X 40’















SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolah               :
Mata Pelajaran            : SKI
Kelas/Semester             : VII/ II

Standar Kompetensi : 4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
4.1.Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin


Prestasi Khulafaurrasyidin

·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan hasil
·      Mencermati ceritapresta-si Khulafaurrasyidin
·      Membuat peta konsep tentang prestasi Khulafaurrasyidin
·      Berdiskusi tentang pres-asi Khulafaurrasyidin yang menonjol
·      Menjelaskan berbagaiprestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin
·      Mengklasifikasi prestasi Khulafaurrasyidin
·      Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang menonjol
Testulis


Penugasan

Penugasan
4 X 40’
1  Buku SKI Depag
2  SKI Armico
3  SejarahHidup Muhammad SAW
4  Ensiklopedi Islam
5  LKS An Najah


4.2.Mengambil hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang

Hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
· Percaya diri
· Berorientasi tugas dan hasil
·      Tanya jawab tentang  hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin
·      Berdiskusi tentang keterkaitan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
·      Menjelaskan hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin
·      Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
Tes lisan




Penugasan
4 X 40’
4.3.Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
Kisah kepemimpinan Khulafaurrasyidin
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Menyaksikan VCD Khalifah Umar bin Khattab
·      Membuat peta konsep gayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·      Berdiskusi tentang gayakepemimpinan Khulafaurrasyidin

·         Menjelaskangayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·         MengidentifikaIgayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·         Mengklasifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
Tes lisan


Penugasan

Penugasan
4 X 40’






Standar Kompetensi    : 5. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penugasan
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah

Sejarah berdirinya daulah Amawiyah
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Membuat pertanyaan seputar 5 W (who, when, where, what, why dan 1H (how) tentang sejarah  berdirinya daulah Amawiyah
·         Menjelaskan proses berdirinya daulah Amawiyah

Penugasan

4 X 40’


1.    Buku SKI Depag
2.    SKI Armico
3.    SejarahHidup Muhammad SAW
4.    Ensiklopedi Islam
5.    LKS An Najah
5.2.Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah   


Perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Membuat peta konsep tentang  prestasi pada masa Bani Umaiyah
·      Berdiskusi tentangberbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah
·         Menjelaskanberbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah

·         Mengidentifikasiberbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah
Penugasan




Penugasan

5.3.   Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah


Ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Studi tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah
·      Tanya jawab peran tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

·         Menyebutkantokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah
·         Menjelaskan peran tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah


Penugasan




Tes tulis


5.4. Mengambil ibrah dari perkemba-ngan kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang




Ibrah yang dapat diambil dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang


·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·         Learning start with question tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
·         Berdiskusi tentang keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang

·         Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

·         Menunjukkan keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang

Tes lisan






Penugasan


1.    Buku SKI Depag
2.    SKI Armico
3.    SejarahHidup Muhammad SAW
4.    Ensiklopedi Islam
5.    LKS An Najah



5.5.Meneladanikesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz




Kisah kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz


·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·         1-2)Membuat skenario drama tentang kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
·         Mendemontrsikan kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz



·       Menjelaskan kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah
·       Menjelaskan keshalehan Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah
·       Mengklasifikasi bentuk kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

Tes unjukkerja

Tes unjukkerja


Tes unjuk kerja


4 X 40’



SILABUS PEMBELAJARAN


Nama sekolah               :
Mata Pelajaran            : SKI
Kelas/Semester             : VIII/ I
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Bani Abbasiyah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan /Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

1.1.   Menceritakan sejarah berdirinya  Bani Abbasiyah

·      Sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah
·      Proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
·      Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah
·      Faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah

·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca/menceritakan  materi sejarah  berdirinya  Bani Abbasiyah
·         Membaca proses    terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
·         Membuat peta konsep mengidentifikasi  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah
·         Tanya jawab tentang faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah

·  Menjelaskansejarah berdirinya   Bani Abbasiyah
·  Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
·  Menampilkan  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah       
·  Mengidentifikasi  faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah

TesTulis



TesTulis


Penugasan




Tes lisan




4 X 40’

1.      Buku SKI Depag
2.      SKI Armico
3.      SejarahHidup Muhammad SAW
4.      Ensiklopedi Islam
5.      LKS An Najah

1.2.   Mendeskrip sikan perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
· Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
· Sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
· Lahirnya tokoh  dari  perkem-bangan kebuda-yaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah    
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·         Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·         Membaca/meceritakan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·         Mengidentifkasi sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·            Learning start with question tentanglahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·  Menjelaskan  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·  Menunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·  Mengidentifikasi  munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada Bani Abbasiyah           
TesTulis




TesTulis





Tes lisan


4 X 40’
1.      Buku SKI Depag
2.      SKI Armico
3.      SejarahHidup Muhammad SAW
4.      Ensiklopedi Islam
5.      LKS An Najah


1.3.   Mendeskrip sikan perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah

· Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
· Sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah


· Lahirnya tokoh  dari  perkem-bangan kebuda-yaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah    

·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·         Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·         Membaca/meceritakan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·         Mengidentifkasi sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah



·         Learning start with question tentanglahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah

·  Menjelaskan  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·  Menunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah




·  Mengidentifikasi  munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada Bani Abbasiyah           

TesTulis




TesTulis







Tes lisan



4 X 40’

1.4.   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam pada  masa Bani Abbasiyah      untuk masa kini dan yang akan datang





· Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini
· Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk  masa yang akan datang    




·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab

·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil

·   Membuat peta konsep tentang nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa  Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang  akan datang
·   Studi komperatif (membandingkan) tentang nilai positif dan negatif perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa  Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang  akan datang






·  Mengaitkan ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini

·  Menunjukkan  ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada  masa Bani Abbasiyah untuk masa yang akan datang        


Penugasan








Tes lisan

4 X 40’

1.      Buku SKI Depag
2.      SKI Armico
3.      SejarahHidup Muhammad SAW
4.      Ensiklopedi Islam
5.      LKS An Najah

1.5.  Meneladani ketekunan dan kegigihan perkembangan kebudayaan     /peradaban Islam Bani Abbasiyah

· Meneladani ketekunan nilai nilai positif  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
· Mengubah prilaku  nilai nilai negatif ke positif perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
· Kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·        Religius
·        Jujur
·        Mandiri
·        Demokratis
·        Komunikatif
·        Tanggung jawab
·        Percaya diri
·        Berorientasi tugas dan hasil
·      Berdiskusi tentang nilai nilai yang bisa diteladani dari   ketekunan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·      Membuat resum dari kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah sekarang
·      Memerankan nilai nilai  yang bisa diteladani dari ketekunan dan kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah dalam kehidupan sehari hari
·         Mengelompokkan nilai nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah

·         Mengubah prilaku  nilai-nilai negatif ke nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkem-bangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·         Mendemonstrasikan kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
TesTulis










Penugasan






Tes unjuk kerja


2 X 40’

                                                                                    

BAB III
URAIAN MATERI

Indikator
Uraian Materi
Kelas VII semester I
·         Menyebutkan pengertian kebudayaan Islam
·         Menunjukan contoh kebudayaan Islam

*      Kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia.
*      Kebudayaan Islam adalah kebudayaan masyarakat yang menganut Agama Islam
*      Kebudayaan Nomaden atau hidup secara berpindah-pindah
·         Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
·         Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
*      Untuk mengetahui berbagai masalah kehidupan umat islam yang berkaitan dengan hukum Islam
*      Mengetahui seluk-beluk sejarah perjuangan Nabi, Sahabat dan Khulafaur Rosyidin
*      Menambah ketebalan iman
·         Menyebutkan contoh bentuk/wujud kebudayaan Islam


·         Membandingkan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam

*                  - Sistem politik;
- sistem kemasyarakatan;
- ilmu pengetahuan

*      Membandingkan hukum Islam dengan hukum-hukum non Islam adalah keaslia dan universalitasnya
·         Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin
·         Mengidentifikasicara dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

·         Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekkah

*      Membawa agama tauhid

*      Secara sembunyi-sembunyi
*      Secara terang-terangan

*      Menghasilkan umat islam yang militan sehingga menjadi umat yang kuat baik segi akidah dan mental perjuangannya
·         Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

·         Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di Mekkah


·         Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw dengan perkembangan dakwah sekarang
*      Mengubah keadaan masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat yang sejahtera berdasarkan agama tauhid
*      Menampilkan sikap terpuji
*      Menyebar misi dan mencari pendukung awal dari orang-orang terdekat
*      Berdakwah secara terbuka pada saat kedudukan masih menguat
*      Nabi Muhammad selama berdakwah selalu banyak hambatan dan rintangan. dan setiap perjuangan akan terasa ringan dan mudah apabila dilakukan dengan penuh keikhlasan dalam rangka beribadah kepada Allah, inilah yang yang sangat diperlukan para ulama pada masa sekarang
·         Menjelaskan keteladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat Mekkah
·         Menjelaskan keteladanan dari perjuangan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah

·         Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
*      Beliau tetap berdakwah walaupun nyawa beliau diancam dan tetap berjuang teguh berpegang pada petunjuk Allah hingga mencapai keberhasilan.

·         Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·         Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
·         Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
*    Membangun Masjid Nabawi untuk melaksanakan kegiatan keagamaan
*    Membangun jembatan-jembatan untuk menghubungkan antar lembah
*    Membuat peraturan untuk menata masyarakat islam dan mempersaudarakan kaum muhajirin dan Ansor
*    Keberhasilan dakwah Nabi di Madinah yaitu dengan mempersaudarakan kaum muhajirin dan Ansor yang akhirnya banyak melakukan kegiatan-kegiatan perdagangan dan pertanian.
·         Menjelaskan hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah
·         Menjelaskan keterkaitan  misi dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang
1.    Beliau bisa mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansor
2.    Beliau membangun Fasilitas Umum
3.    Beliau menyusun piagam madinah
*        Dalam berdakwah nabi selalu menunjukkan sikap yang disegani masyarakat madinah( toleransi, cinta damai dan melindungi yang lemah ) kualifikasi seperti Rasulullah perlu disosialisasikan dan dipraktikkan dalam perilaku hidup dimasa sekarang.
·         Menjelaskansemangat perjuangan Nabi di Madinah
·         Menjelaskansemangat perjuangan para Sahabat di Madinah
·         Menunjukkansemangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

*      Rasulullah dan para sahabat berdakwah tanpa kenal lelah dan putus asa, mereka terus berusaha menyebarkan ajaran islam kepada seluruh penduduk Madinah. Sementara itu orang-orang Yahudi merasa tidak senang dan merasa tersingkir sejak kehadiran Nabi dan para sahabat. Mereka membujuk suku Aus dan khazraj untuk kembali keagama mereka dan menyusun rencana untuk melemahkan umat islam. Rintangan itu dilalui Rosulullah dan para Sahabat dengan tegar.
*      Rasulullah dan para sahabat berdakwah pada penduduk Madinah tanpa kenal lelah dan putus asa walaupun menemui berbagai rintangan.
Kelas VII semester II
*      Menjelaskan berbagaiprestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin
*      Mengklasifikasi prestasi Khulafaurrasyidin
*      Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang menonjol
*    Modifikasi Al-qur’an
*    Perluasan wilayah Islam
*    Menata administrasi dan membenahi keuangan negara
*    Memajukan bidang pembangunan
*    Perluasan wilayah islam
·         Menjelaskan hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin
·         Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
*    Meneladani prestasi-prestasi yang dicapai dan kepemimpinan yang tegas dan teguh dalam memegang kebenaran
*    Dengan adanya prestasi yang dicapai khulafaurrosyidin kita dapat mencontohdalam menghayati dan mengamalkan ajaran islam
·         Menjelaskangayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·         Mengidentifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
·         Mengklasifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
*      Abu Bakar As Siddiq : lemah lembut dan Tegas
*      Umar bin Khattab : cerdas, tegas dan mengutamakan kepentingan rakyat
*      Utsman bin Affan : penyantun dan sabar
*      Ali bin Abi Tholib : Tegas dan Mengutamakan kebenaran
*      Dlm kondisi pmrinthan  yg labil, perlu pemimpin yg tegas. Spt Abu Bakar & Ali bin Abi tholib
*      Gaya kepemimpinan yang cerdas dan bersih dimiliki Umar bin Khattab
*      Ustman bin Affan memiliki gaya kepemimpinan yang shaleh dan lembut
*      Khulafaurrasyidin memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda
·         Menjelaskan proses berdirinya daulah Amawiyah
*      Dinasti Umayyah ditandai dengan penyerahan kekuasaan dari hasan bin Ali kepada Muawiyah bin Abu Sofyan dan memegang kekuasaan selama 90 tahun. Sistem pemerintahannya berubah dari demokrasi menjadi sistem monarki
·         Menjelaskanberbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah
·         Mengidentifikasiberbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah
*      Setelah mengatasi segala gangguan keamanan, kholifah dinasti Umaiyah memperluas wilayahnya di Irak, Spanyol, Pakistan, Afganistan.
*      5 lembaga yang berhasil dibentuk : lembaga keuangan, politik, kehakiman, tata usaha dan ketentaraan.
·         Menyebutkantokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah
·         Menjelaskan peran tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
*      Kholid bin yazid bin Mu’awiyah.
*      Kholid bin Yazid adalah orang pertama yang menerjemahkan buku tentang astronomi, kedokteran dan kimia.
·         Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
·         Menunjukkan keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang
*      Umayah menunjukkan pentingnya stabilitas [politik negara sebagai modal untuk mengembangkan kekuasaannya setelah stabilitas politik tercapai
*      Dengan bukti-bukti peninggalan sejarah dari dinasti Umaiyah menunjukkan bahwa umat islam sudah mencapai tingkat yang tinggi. Yang mana menjadi cikal bakal perkembangan dan pengetahuan pada masa yang akan datang.
·      Menjelaskan kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz ketika menjadi seorang khalifah
·      Menjelaskan keshalehan Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah
·      Mengklasifikasi bentuk kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
*      Beliau adalah seorang kholifah yang adil, bijaksana, mengutamakan dan memperhatikan kepentingan rakyat
*      Jujur, adil sederhana
*      Taqwa kepada Allah SWT
*      Mengutamakan kepentingan Agama daripada politik
*      Beliau tidak memanfaatkan kebijaksanaannya untuk memperkaya diri. Beliau menerapkan pola hidup sederhana, perhatian kepada rakyat, taat beribadah dan mengutamakan kepentinganagama daripada politik.
Kelas VIII semester I
·         Menjelaskansejarah berdirinya Bani Abbasiyah
·         Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
·         Menampilkan  tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah     
·         Mengidentifikasi  faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
*      Daulah Abbasiyah didirikan pada tahun 132 H/750 M. Daulah Abbasiyah merupakan kelanjutan dari pemerintahan Daulah Umayyah yang telah hancur di Damaskus. Sebab-sebab runtuhnya Dinasti Umayyah :
a.       Figur Kholifah yang lemah
b.      Hak istimewa bangsa Arab
c.       Pemerintahan yg tidak demokratis dan korup
d.      Persaingan antar suku


*      Semua keadaan diatas menjadi permasalahan yang sulit dipecahkan oleh pemerintah Dinasti Umayyah. Kebencian tersebar luas, kelompok-kelompok yang merasa tidak puas bermunculan. Kelompok-kelompok itu adalah :
a.       Kelompok Muslim non Arab (Mawali)
b.      Kelompok Khowarij dan Syi’ah menganggap Dinasti Umayyah sebagai perampas khilafah.
c.       Kelompok Muslim Arab di Makkah, Madinah dan Irak yang merasa sakit hati atas status istimewa penduduk Suriah.
d.      Kelompok muslim yang sholeh, baik Arab maupun non Arab.
Kelompok-kelompok tersebut membentuk kekuatan gabungan yang dikordinasi oleh keturunan Abbas dengan mencari dukungan masyarakat luas.
*      Tokoh-tokoh yang berperan berdirinya Dinasti Abbasiyah : Umar bin Abdul Aziz (717-720 M), Ali bin Abdullah bin Abbas, Muhammad, Ibrahim al Imam, Abu Muslim Al Khurasani, Abu Abbas as Sffah.
*      Faktor berdirinya Bani Abbasiyah :
a.       Runtuhnya Dinasti Bani Umayyah
b.      Keinginan mengembalikan kekholifahan kepada golongan Bani Hasyim dari keturuan Abbas/Ali bin Abi Tholib.
c.       Kelompok yang tidak puas pada Dinasti Umayyah.
·         Menjelaskan  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·         Menunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
·         Mengidentifikasi  munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada Bani Abbasiyah           
*      Menyebarnya Islam keluar jazirah Arab membuat bangsa Arab berinteraksi langsung dengan bangsa-bangsa non Arab. Dalam interaksi tersebut muncullah berbagai kelas dalam masyarakat Islam. Ada kaum muslim Arab, kaum muslim non Arab dan kaum non muslim (Zimmi). Masa Dinasti Umayyah kelas kaum muslim Arab yang tinggal di Suriah menempati tingkatan yang tertinggi, sehingga menimbulkan kecemburuan masyarakat Islam lain. Hal itu sebab utama runtuhnya Bani Umayyah. Pada masa Dinasti Abbasiyah hak-hak mereka disamakan.
*      Kemajuan kebudayaan sesuai dengan seiring penyebaran Islam. Penduduk negeri-negeri yang ditaklukkan tetap dalam agama masing-masing, setelah mereka menyaksikan kemajuan peradaban Islam dan rapinya pemerintahan dalam negara-negara itu, mereka masuk Islam dengan sukarela.
*      Masa pemerintahan kholifah Harun ar Rasyid dan kholifah al-Ma’mun peradaban Islam mencapai masa ke emasannya, kebudayaan India dan Yunani telah memberikan sumbangan yang berarti memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan kebudayaan Islam. Dengan munculnya sastrawan dan budayawan seperti Umar Khayam az-Zamakhsari, Al-Qusyairi, an-Nafisi, Ibnu Maskawaih, dan al-Kindi.
·         Mengklasifikasi Tokoh  ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
·         Menunjukkan peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
·         Mengklasifikasi kemajuan ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah

*      Tokoh-tokoh ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah.
Al-Kindi (masa pemerintahan Harun ar-Rasyid), Al-Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Maskawaih, Al-Ghozali, Jabir bin Hayyan.
*      Perkembangan ilmu pengetahuan umum dan agama antara lain :

a.       Ilmu Filsafat tokohnya Abu Huzail al-Allaf.
b.      Ilmu Kedokteran tokohnya Ali bin Rabbani at-Tabari
c.       Ilmu Astronomi adalah ilmu yang mempelajarai benda-benda langit karna berkaitan dengan pelaksanaan beberapa ketentuan agama Islam seperti penentuan arah kiblat dan awal bulan, tokohnya Muhammad bin Musa al-Khawarizmi.
d.      Ibnu Sina (bidang kedokteran)
e.       Ibnu Rusyd (Filsafat Kedokteran dan Theologi)
f.       Abu Ali Al Hasan Ibnu Hayyan (Al Hazen) ahli bidang matematika farmalogi, fisika dan filsafat
g.       Al Farghoni (astronomi)
h.      Abu Hasan Ali Al Mas’ud (bidang sejarah, geografi, geologi, zoologi)
i.        Ibnu Al Gaitar (ahli Botani (tumbuhan) dan farmasi)
*      Kemajuan Ilmuan Muslim antara lain:
a.       Ilmu Pengetahuan Agama
b.      Disamping dalam bidang pengetahuan masa Dinasti Abbasiyah, ilmu agama Islam mengalami perkembangan, ulama-ulama besarpun muncul. Periode ini menjadi landasan pokokbagi perkembangan ilmu agama Islam periode berikutnya.
c.       Perkembangan ilmu Hadits terjadi pada periode ke5& ke6.Beberapa permasalahan, antara lain pemisahan hadits Nabi dengan fatwa shahabat serta pemalsuan hadits. Pada masa itu menghimpun dan membukukan hadits-hadits Nabi kedalam buku. Maka lahir buku-buku hadits dalam corak yang baru yaitu : kitab shohih, sunan dan musnad. Pemisahan hadits-hadits sahih dari hadits tidak sahih dirintis oleh Ishaqbin Rahawaih dilanjutkan Imam al-Bukhori dan muridnya, kemudian Abu Dawud, at-Tirmizi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah. Perkembangan hadits periode keenam periode ini disebut ulama hadits mutaakhirin. Ulama ini sifatnya hanya memelihara hadits.
d.      Ilmu tafsir dimulai munculnya musafir dari golongan tabi’in-tabi’in yang masyhur, antara lain : Imam Sufyan bin Uyainah, Waki’ al-Jarrah, Syu’bah al-Hajjaj dan Zaid bin Harun
e.       Ilmu Fiqih pada periode ke-empat dengan munculnya empat madzhab yaitu : Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Hambali. Periode ke-lima para fuqoha’ memfokuskan pengkajian pendapat yang ada dalam tiap madzhab.
f.       Ilmu Tasawuf ditandai peralihan dari tasawuf ke zuhud. Dalam perkembangan muncul dua aliran yaitu tasawuf akhlaq dan tasawuf filsafat.
·         Mengaitkan ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini

·         Menunjukkan  ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada  masa Bani Abbasiyah untuk masa yang akan datang
*  a.Menyebutkan keberhasilan ilmu pengetahuan pada  masa Dinasti Abbasiyah :
-       Perkembangan ilmu filsafat dipelopori oleh Abu Huzail al-Allaf.
-       Ilmu Kedokteran dipelopori oleh : Ali bin Rabban at-Tabari kemudian muncul ar-Razi, Ali bin al-Abbas, Ibnu Sina, Jabir bin Hayyan, al-Kindi dan al-Farabi.
-       Ilmu Astronomi dipelopori oleh : Muhammad bin Musa al=Khawarizmi.
b. Perkembangan pengetahuan Agama
-       Perkembangan ilmu hadits, tokoh : Ishaq bin Rawaih, kemudian muncul ulama-ulama hadits; Imam Bukhori, Imam Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majjah. Selain Imam Bukhori dan Imam Muslim menyusun kitab Sunan ke-enam itu dengan sebutan Kutubus Sittah
-       Ilmu Tafsir tokoh: Abu Ja’far Muhammad bin Jarir at-Tabari (Tafsir Tabari), Fakhuddin ar-Razi (mafatih al-Ghoib), Az-Zamakhsyari (al-Kasyaf’na haqa’iq at-Tanzil wa ‘uyunal aqawil)
-       Ilmu Fiqih ditandai dg munculnya empat madzhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali)
c.    Perkembangan Ilmu Tasawuf ditandai dg peralihan dari tasawuf dan zuhud. Selanjutnya muncul dua aliran yaitu tasawuf akhlaq (dasarnya Al-Qur’an dan Hadits), model ini disebut tasawuf Sunni tokohnya : al-Haris bin As’ad al-Muhasabi. Tasawuf filsafat (tasawuf yang sudah tercampur metafisika), tokohnya : Zunnun al-Misri dan Abu Yazd al-Bistami.
*      Ibrah dari perkembangan/peradaban Islam pada masa ini
-       Harus menjadi contoh bagi umat Islam guna dijadikan cermin untuk meraih kemajuan Islam pada masa yang akan datang.
-       Memberi motivasi kepada kaum muslimin bahwa pada masa lampau umat Islam pernah merebut keunggulan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, yang sekarang harus direbut kembali.
-       Menyadarkan umat Islam dari ketertinggalan dan mencari penyebab hilangnya kemajuan ilmu pengetahuan.
-       Menggugah kepada generasi muda Islam untuk terus belajar tanpa mengenal lelah agar bisa diunggulkan.
-       Konsep kesadaran diri dari Al-Qur’an yang terdiri enam komponen tazkiyah : Dzikir, Ibadah, Taubah, Sabar, Muhasabah dan do’a.
-       Menyaring pengaruh peradaban Yunani, Roma, Persi, India dan Cina dengan memadukan nilai-nilai Islam.
-       Mengembangkan konsep kesadaran, baik sebagai individu, masyarakat umat maupun manusia secara universal.
·         Mengelompokkan nilai nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·         Mengubah prilaku  nilai-nilai negatif ke nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·         Mendemonstrasikan kegigihan para tokoh perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
*    Harus menjadi contoh bagi umat Islam guna dijadikan cermin untuk meraih kemajuan Islam pada masa yang akan datang.
*    Memberi motivasi kepada kaum muslimin bahwa pada masa lampau umat Islam pernah merebut keunggulan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, yang sekarang harus direbut kembali.
*    Menyadarkan umat Islam dari ketertinggalan dan mencari penyebab hilangnya kemajuan ilmu pengetahuan.
*    Menggugah kepada generasi muda Islam untuk terus belajar tanpa mengenal lelah agar bisa diunggulkan.



BAB IV
ANALISA KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
Analisa Kompetensi
Kelas VII semester Gasal
1.1.   Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2.   Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3.   Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
Kognitif
Kognitif
Kognitif

2.1.   Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2.   Mengambil ibrah dari misiNabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
2.3.   MeneladaniperjuanganNabi Muhammad danparasahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
Kognitif

Afektif

Afektif
3.1.   Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3.2.   Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam 
3.3.   membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3.4.   Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
Kognitif

Afektif

Afektif

Afektif
Kelas VII semester Genap
4.1.   Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
4.2.   Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
4.3.   Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
Kognitif
Afektif

Afektif
1.1.   Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
1.2.   Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
1.3.   Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
1.4.   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5.   Meneladanikesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
Kognitif
Kognitif

Kognitif

Afektif

Afektif
Kelas VIII semester Gasal
1.1.   Menceritakan sejarah berdirinya daulah Abbasiyah
1.2.   Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.3.   Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
1.4.   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5.   MeneladaniKetekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah
Kognitif

Kognitif

Kognitif

Afektif

Afektif




BAB V
PENUTUP

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.
Demikian hasil tela’ah kelompok kami pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII dan VIII semester gasal, semoga dapat bermanfaat. Dan tentunya masih banyak kekurangan adanya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami butuh kan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar